Apa Itu Crowdfunding dan Bagaimana Bisa Menbantu Bisnis Anda?

Hai sobat! Crowdfunding adalah sebuah metode pendanaan modal bisnis yang dilakukan oleh beberapa individu. Pendanaan modal ini dinilai lebih praktis bila dibandingkan dengan bentuk pinjaman lainnya.

Jika biasanya pemilik bisnis dibuat pusing dengan bunga tinggi dari pinjaman bank, maka masalah ini tidak akan ditemui ketika menggunakan platform Crowdfunding.

Kini, sudah banyak platform online di Indonesia yang membantu para pemilik bisnis seperti UMKM dalam mengumpulkan modal usaha.

Lantas, bagaimana caranya Crowdfunding bisa membantu pendanaan bisnis Anda?

Cara Kerja Crowdfunding

Langkah pertama adalah para pemilik bisnis perlu menentukan platform crowdfunding Indonesia. Kunci utamanya, Anda harus memasarkan bisnis Anda kepada calon investor. Untuk melakukannya, Anda dapat memasukkan beberapa informasi terkait bisnis dan tetapkan nominal modal yang Anda perlukan.

Dari proposal dan informasi bisnis yang tertera, saatnya bagi para investor untuk memilih. Investor yang tertarik dengan bisnis Anda berarti sudah menerima segala persyaratan yang ada dan siap untuk menanamkan modalnya. Anda hanya tinggal menunggu proses kerja sama disetujui, kemudian dana akan dicairkan.

Dikarenakan proses urun dana dilakukan secara online, maka Anda perlu membuat proposal bisnis secara detail. Cantumkan informasi seputar legalitas bisnis, operasional, jenis produk atau jasa yang dijual, serta prospek keuntungan bisnis Anda.

Perlu dicatat, segala informasi ini benar adanya dan tidak dilebih-lebihkan. Anda juga bisa memasukkan video, foto, dan gambar ke dalam proposal agar lebih menarik perhatian investor.

Beberapa Contoh Crowdfunding

Banyak produk dan kegiatan yang digalang di berbagai platform urun dana menjadi usaha yang sukses dan menguntungkan. Beberapa contohnya, di antaranya Oculus VR, sebuah perusahaan Amerika yang berspesialisasi dalam produk perangkat keras dan perangkat lunak realitas virtual, didanai melalui situs tersebut.

Pada 2012, pendirinya Palmer Luckey memilih crowdfunding sebagai pendanaannya untuk membuat headset realitas virtual yang dirancang untuk video game. Kampanye ini berhasil mengumpulkan dana sebesar US$2,4 juta, sepuluh kali lipat dari target awal sebesar US$250 ribu. Pada Maret 2014, Facebook, Inc. mengakuisisi Oculus VR sebesar US$2,3 miliar dalam bentuk tunai dan saham.

Equity Crowdfunding adalah jalan yang juga ditempuh oleh perusahaan M3D lewat kampanyenya di Kickstarter. Perusahaan ini didirikan oleh dua bersahabat yang memproduksi printer 3D kecil. David Jones dan Michael Armani mengumpulkan US$3,4 juta untuk printer Micro 3D mereka lewat situs crowdfunding pada 2014. Printer 3D mini, yang dilengkapi dengan berbagai tinta 3D yang tahan lama, kini tersedia di Staples, Amazon.com, Inc (AMZN), Brookstone, dan berbagai e-commerce daring.

Demikianlah pengertian crowdfunding OJK dan bagaimana carnya membantu pendanaan bisnis Anda.